strategi marketing online

3 Strategi Marketing Online yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini, hampir seluruh aspek kehidupan manusial telah berhubungan dengan teknologi. Masyarakat secara tidak langsung dipaksa untuk menjalani berbagai macam aktivitas secara daring atau online.

Apabila tidak, masyarakat tersebut akan merasa kurang update atau tertinggal di tengah masyarakat lain yang sudah mampu bergerak secara lebih gesit akibat memanfaatkan adanya kemajuan teknologi.

Contohnya, apabila kamu mempunyai pekerjaan sebagai seorang pebisnis, pasti kamu diharuskan untuk mempelajari atau memperluas wawasan tentang strategi pemasaran atau tata cara yang lebih praktis dan bisa dilakukan secara online.

Pebisnis akan mampu menunjang awareness bisnisnya dan juga menaikkan omzet dari penjualan produk melalui aktivitas marketing online. Hal ini bsia terjadi sebab potensi market bisnis sekarang ini sudah mulai beralih ke metode online yang tentunya lebih efektif dan bisa menjangkau para konsumen secara lebih luas.

 

Strategi Marketing Secara Online

strategi marketing online

Ada beberapa strategi marketing online yang bisa menunjang kemajuan bisnis kamu. Mungkin, kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa strategi marketing online. Berikut ini beberapa strategi marketing online yang perlu kamu ketahui sebagai seorang pebisnis.

1. Integrated Digital Marketing

Salah satu strategi marketing yang disebut integrated digital marketing ini merupakan strategi pemasaran secara online yang sesuai untuk diterapkan oleh para pebisnis agar bisa mengembangkan usahanya serta meningkatkan penjualannya.

Jika dilihat dari namanya, integrated digital marketing ini memerlukan seluruh aspek yang ada pada sumber daya digital untuk dimanfaatkan supaya bisa mengenalkan brand atau produk yang dijual. Contoh dari sumber daya tersebut yakni bisa berupa situs, blog, media sosial, kanal youtube, atau bahkan aplikasi.

Banyak informasi yang mampu menarik perhatian serta minat dari para audiens. Semakin lengkap dan menarik informasi yang dipunyai, maka akan semakin besar juga pengaruh seperti kesan untuk produk atau perusahaan sebagai brand yang kredibel dan juga mempunyai kualitas tinggi.

Kamu bisa menyewa jasa penulisan artikel SEO membuat artikel untuk di upload pada situs website yang kamu punya. Tentunya kamu memerlukan sejumlah biaya untuk membayar jasa penulisan artikel SEO tersebut.

2. Personalized Marketing

Strategi yang satu ini bisa diartikan menjadi strategi marketing yang dilakukan secara personal supaya brand atau produk yang kamu tawarkan mempunyai potensi yang lebih besar melalui pendekatan memakai dasar demografi untuk diperlukannya target audiens.

Dengan menerapkan proses pemasaran yang satu ini, calon pelangganmu akan merasa lebih dihargai karena pendekatannya dilakukan dengan cara yang lebih personal. Data dan juga algoritma pengguna pada suatu media sosial yang nantinya akan dijadikan sebagai target audiens perlu untuk diperhatikan secara detail pada strategi ini.

Untuk bisa lebih meningkatkan efektivitasnya pengujian informasi ataupun data yang tersedia membutuhkan ahli teknologi khusus. Selain itu, untuk membuat informasi dan juga penataan visual produk ataupun brand yang kamu pasarkan membutuhkan ahli konten dan tentang target konsumen yang nantinya akan dituju.

3. Affiliate Marketing

Strategi marketing ini dijalankan oleh 2 belah pihak atau bahkan bisa lebih untuk mendapatkan keuntungan secara bersama. Affiliate marketing umumnya diterapkan oleh sesama pebisnis dengan cara berkolaborasi atau melakukan kerja sama.

Kamu bisa menjalin dengan dua bisnis berbeda tetapi pasar dan juga target audiens harus saling berhubungan. Kerja sama bisnis yang saling berkaitan bisa menjadikan sebuah strategi pemasaran yang sangat kuat.

Tak hanya bekerja sama dengan bisnis lain, kamu juga berkolaborasi dengan para influencer, contohnya seperti youtuber, selebgram, vlogger, dan blogger. Orang yang mempunyai jumlah pengikut besar tersebut akan mampu merekomendasikan sebuah produk atau brand atau melalui  kode referral.