4 Hasil Tambang Indonesia dan Daerahnya yang Perlu Kamu Tahu

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya yang juga sangat banyak. Tidak heran hampir semua hasil tambang yang sangat dibutuhkan di dunia ada di Indonesia. Mungkin Anda sudah pernah mendengar hasil tambang yang ada di Indonesia dan menjadi bangga karena hal ini. 

Baca Juga : 4 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari Hari

Tentu saja Hasil tambang yang merupakan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi dan juga penggunaan hasil tambang yang ada. Berikut adalah Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya yang membuat Indonesia menjadi negara dengan hasil Tambang yang sangat tinggi. 

 

Hasil Tambang di Indonesia dan Daerahnya

Aluminum

Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya yang pertama adalah Aluminium yang menjadi tembaga dengan sejuta manfaat terutama untuk kebutuhan alat rumah tangga. Aluminum sudah terbukti awet untuk menjadi bahan dasar alat rumah tangga sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. 

Daerah yang dikenal sebagai penghasil Tambang terbesar di Indonesia adalah Papua dan Sumatra, di Pulau Papua provinsi yang menghasilkan Aluminium adalah Papua dan Papua Barat. Untuk di Sumatera, Sumatera Utara terutama Kabupaten Asahan menjadi salah satu daerah dengan hasil Tambang terutama Aluminium yang sangat tinggi. 

Batubara

Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya selanjutnya adalah Batubara yang sangat bermanfaat untuk semua kegiatan sehari-hari. Batu bara bisa menjadi Sumber pembangkit listrik, menghasilkan produk gas, menjadi salah satu bahan dalam produksi Pupuk pertanian, dan juga sangat bermanfaat untuk produksi dalam industri aluminium. 

Provinsi yang menghasilkan Batu Bara dalam jumlah besar adalah Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur. Sumatera Selatan memiliki angka yang sangat tinggi yaitu 50,2 milira ton Batu Bara. Untuk Kalimantan Timur sendiri juga memiliki batubara yang sangat banyak yaitu 48,2 miliar ton. 

Emas

Emas termasuk ke dalam Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya yang ada dalam jumlah sangat besar. Emas memiliki banyak manfaat dalam bidang ekonomi, sosial seperti simbol kemakmuran, dan juga pada bidang agama. Indonesia sudah sangat terkenal sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di Indonesia. 

Salah satu daerah dengan produksi emas yang sangat banyak adalah mauli dan papua, dengan cadangan emas sebanyak 1.876.000.000 ton yang tentu saja angka ini sangat tinggi. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan emas yang tersebar hampir diseluruh negara. 

Tembaga

Tembaga juga menjadi salah satu Hasil Tambang yang sangat tinggi di Indonesia dan menjadi 10 negara dengan cadangan tembaga terbesar nomor 7 di dunia. Tembaga sendiri memiliki banyak manfaat untuk konstruksi bangunan, industri kabel, hingga untuk pagar ataupun gagang pintu. 

Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya terutama Tembaga berasal dari Papua yaitu Tambang Grasberg, Tambang ini juga menjadi tambang yang dioperatori oleh Freeport. Setelah Papua, Wonogiri menjadi daerah selanjutnya yang memiliki banyak Tembaga. Terdapat tembaga murni dalam jumlah sangat besar yaitu 1,8 ton dihasilkan di daerah ini. 

 

Informasi di atas merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui karena Indonesia sendiri memiliki banyak hasil tambang yang sangat dibutuhkan. Hasil tambang di Indonesia dan daerahnya menjadi salah satu informasi yang sangat penting. Tidak heran banyak sekali perusahaan asing yang ingin menguasai tambang di Indonesia dengan melihat informasi yang sudah dijelaskan di atas. 

Baca juga: indonesia mining company atau Daftar Perusahaan Tambang di Indonesia