Apa Itu Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan sebuah langkah yang ada dan harus dilakukan oleh seorang peneliti di dalam rangka pengumpulan informasi serta data dan melakukan investigasi pada data yang sudah didapatkan sebelumnya.

Di dalam metode penelitian memberi sebuah gambaran desain penelitian yang meliputi: waktu penelitian, prosedur & langkah-langkah yang wajib ditempuh, sumber data, dan langkah seperti apa data-data itu diperoleh yang selanjutnya diolah lalu dianalisis.

Sehingga untuk bisa mencapai tujuan penelitian secara tepat, maka kalian harus mengetahui dan memahami betul-betul mengenai apa itu metode penelitian dan jenis metode penelitian yang sering digunakan oleh peneliti.

Berikut penjelasan mengenai apa itu metode penelitian dan jenis metode apa saja yang bisa digunakan di dalam penelitian.

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan langkah, prosedur, ataupun tata cara secara ilmiah untuk mendapatkan data guna tujuan penelitian yang mempunyai tujuan serta manfaat tertentu. Hal ini Sesuai dengan pernyataan sugiono (2018) ia menjelaskan “metode penelitian yaitu suatu cara ilmiah dalam memperoleh data guna tujuan serta kegunaan tertentu”.

Sehingga pada intinya metode penelitian adalah suatu kegiatan untuk penyelidikan secara sistematis terhadap sesuatu dengan langkah ilmiah.

Jenis-Jenis Metode Ilmiah

Berdasarkan dari analisis data, pengolahan data, dan cara untuk menarik kesimpulan, jenis ataupun macam-macam metode penelitian bisa dilihat dari pendekatan kualitatif, kuantitatif, serta pendekatan campuran (kualitatif dan kuantitatif). Untuk penjelasan secara lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan prosedur di dalam penelitian yang nantinya akan menghasilkan data yang berupa angka-angka, yang umumnya akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif atau inferensial. Dimana artinya, akan diperoleh dari rumusan masalah penelitian yang sudah ditentukan.

Metode yang bisa digunakan di dalam pendekatan kuantitatif yaitu: eksperimen, penelitian korelasi, survey, studi perkembangan, dan studi perbandingan.

2. Metode penelitian pendekatan kualitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berdasarkan filsafat postpositivisme, yang dipakai di dalam penelitian dalam kondisi ilmiah, dimana instrumennya itu adalah peneliti itu sendiri. Dan teknik pengumpulan data dan analisis lebih menekankan kepada makna.

Akhir Kata

Itulah informasi yang dikutip dari publikasijurnalnasional.com mengenai pengertian metode penelitian serta jenis-jenis metode penelitian yang sering digunakan dalam penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Terimakasih.