Apa itu Sinta 4?

Sebagai orang yang bergelut dalam dunia pendidikan tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan publikasi jurnal Sinta. Sinta ini dipakai guna menerbitkan jurnal nasional sekaligus digunakan untuk cek kualitas jurnal nasional tersebut.

Laman Sinta ini adalah halaman yang dikelola oleh “Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia”.

Pertama kali Sinta digagas yaitu pada tahun 2016, yang diresmikan dan diperkenalkan di khalayak publik itu di tahun 2017 oleh Kemendikbud Ristek.

Hingga saat ini laman Sinta ini masih terus berkembang dengan cara menambahkan beragam fitur baru di dalamnya. Lantas apa sih Sinta itu?

 

Pengertian Jurnal Sinta

Sinta (Science and Technology Index) merupakan laman/portal ilmiah, Sinta ini dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang dimana menyediakan daftar jurnal nasional yang sudah terakreditasi.

Sinta itu sendiri dapat juga diartikan sebagai database ataupun sebagai pusat data untuk jurnal nasional terakreditasi. Sehingga dapat menjadi sebuah tujuan untuk orang-orang yang mencari referensi jurnal nasional yang berkualitas dan sudah diakui tentunya oleh Kemendikbud Ristek.

Beberapa jurnal yang sudah berhasil masuk pada jurnal kemudian menjadi sebuah jurnal yang sudah layak digunakan untuk referensi, sitasi, dan yang sejenisnya. Melalui sifat inilah Sinta yang kemudian dapat menjadi salah satu media yang menampilkan kekuatan publikasi ilmiah melalui sebuah perguruan tinggi atau lembaga pendidikan.

Lebih lagi, sinta yang sudah berhasil masuk pada Scopus & Google Scholar yang didalamnya menyediakan informasi reputasi jurnal internasional. Harapan dengan adanya fitur Sinta ini yaitu bisa mempermudah siapa saja dalam mencari dan memperoleh jurnal nasional yang berkualitas.

 

Fungsi Jurnal Terakreditasi Sinta

Setelah kalian memahami apa itu Sina, selanjutnya kalian juga perlu banget nih mengetahui fungsi dari jurnal sinta itu sendiri. Berikut penjelasannya.

1. Sebagai Tempat Publikasi Secara Online

Perlu kalian ketahui Sinta itu tidak hanya digunakan sebagai database yang memperlihatkan daftar jurnal nasional yang sudah terakreditasi yang ada di Indonesia saja, tetapi juga bisa dijadikan media untuk menerbitkan jurnal dari hasil penelitian serta pengabdian masyarakat.

2. Menilai Kinerja dari Jurnal

Fungsi berikutnya dari Sinta yaitu sebagai penilaian kinerja jurnal nasional yang telah dikunjungi semua dosen & peneliti yang ada di Indonesia. Sifatnya yang telah terhubung pada Google Scholar serat Scopus.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu sinta 4 yang bisa kalian pelajari. Semoga informasi artikel dari Publikasijurnalnasional.com bisa memberikan manfaat besar untuk kalian semua yang sedang membuat ataupun mencari jurnal sinta 4. Terima Kasih.

Baca Juga: Daftar Jurnal Sinta 4 Untuk Semua Bidang Ilmu