apa kegunaan minyak atsiri

Apa Kegunaan Minyak Atsiri? Simak Berikut Ini Ya!

Sebenarnya, apa kegunaan minyak atsiri itu? Mari kita bahas bersama pada artikel ini. Minyak atsiri atau minyak esensial lebih banyak dikenal sebagai bahan dasar pembuatan aromaterapi karena aromanya yang wangi dan cukup mencolok.

Minyak atsiri atau minyak esensial dibuat dari ekstrak bunga, batang, akar, kulit kayu, daun, buah, dan juga bagian tanaman yang lain dengan beragam cara. Metode yang biasanya digunakan seperti menghirup atau memakai aromaterapi saat mandi dimanfaatkan agar ekstrak dari tumbuhan ini dapat masuk sampai ke permukaan kulit.

Pembuatan minyak atsiri biasanya menggunakan mesin penyulingan minyak atsiri dan juga alat destilasi minyak atsiri. Jika minyak atsiri atau minyak esensial ini sudah masuk ke dalam sistem tubuh, cairan ini akan berubah sendiri dan bekerja scara benar di bagian tubuh yang rusak.

Pemakaian minyak atsiri menjadi aromaterapi muncul ketika para ilmuwan sudah menguraikan sifat antiseptik dan juga permeabilitas kulit dari minyak atsiri.

Manfaat Atau Kegunaan Minyak Atsiri

apa kegunaan minyak atsiri

Walaupun beberapa pakar kesehatan belum banyak yang menilai khasiat dari minyak atsiri, tetapi ada beberapa metode yang sudah menggunakan minyak atsiri ini untuk melakukan pengobatan alternatif dan juga pengendali stres secara bertahap.

Bahan kimia yang terdapat pada minyak atsiri bisa berinteraksi dengan tubuh kamu dalam beberapa cara, tetapi tidak untuk dikonsumsi secara langsung. Saat ini minyak atsiri sudah banyak sekali dikenal oleh masyarakat, berikut beberapa kegunaan dari minyak atsiri.

1. Bisa Menjadi Alternatif Perawatan Tubuh dan Rambut

Minyak atsiri bisa kamu gunakan sebagai produk untuk merawat tubuh kamu, seperti sabun dan juga lotion. Memakai produk perawatan tubuh yang mengandung bahan atsiri dapat membuat kulitmu menjadi lebih rileks dan halus.

Selain digunakan untuk tubuh, minyak atsiri juga bisa digunakan untuk produk perawatan rambut kamu. Umumnya dikemas dalam bentuk minyak rambut ataupun sampo. Manfaat minyak atsiri untuk rambut yaitu bisa mengatasi beberapa permasalahan pada rambut, seperti rambut rontok, kasar, sampai ketombe.

2. Sebagai Bahan dari Produk Kecantikan

Minyak atsiri banyak juga dipakai sebagai bahan untuk produk kecantikan, seperti krim wajah dan juga face oil. Campuran minyak atsiri dengan bahan produk kecantikan lainnya dinilai dapat merelaksasi wajah dan juga membuat aliran darah lebih lancar, serta dapat memperlambat proses penuaan dini.

Lain dari itu, banyak orang yang percaya bahwa minyak atsiri yang berasal dari kelopak daun mawar mampu memudarkan bekas jerawat dan juga bintik hitam.

3. Mengatasi Insomnia atau Gangguan Tidur

Mempunyai gangguan tidur pastinya membuat kita menjadi lebih gelisah. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik ataupun penelitian. Menghirup aroma yang berasal dari minyak atsiri ini bisa mengatasi gangguan tidur.

Dikenal dengan aroma yang sangat menenangkan, minyak atsiri ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur kita dan juga mengatasi insomnia. Bahkan, banyak yang menggunakan minyak atsiri sebagai alternatif yang cukup baik dibandingkan mengonsumsi obat kimia yang berbahaya.

4.. Minyak Pijat dan Terapi

Selain bisa mengatasi gangguan tidur, minyak atsiri bisa juga digunakan sebagai minyak pijat dan terapi. Contohnya seperti minyak atsiri yang berasal dari kelapa banyak dipakai sebagai minyak pijat guna mengatasi badan pegal, terlebih setelah bekerja.

Bahkan, tak jarang juga minyak atsiri digunakan menjadi pengobatan tradisional, terutama untuk yang mengalami cidera.

5. Mengatasi Stres dan Depresi

Minyak atsiri ini juga diyakini bisa menjadi terapi guna mengurangi stres dan juga depresi. Terlebih, aroma yang dihasilkan dari minyak atisiri bisa membuat tubuh menjad lebih rileks dan menjernihkan pikiran.

Biasanya, minyak atsiri dapat merangsang bagian otak untuk mengontrol alam bawah sadar, mengatur pernapasan, sampai detak jantung. Hal seperti ini yang membua minyak atsiri banyak digunakan untuk proses terapi mental.

Kamu bisa memakai miyak atsiri ketika melakukan yoga dengan cara menghirup aromannya.