Cara Merawat Kucing Rumahan untuk Pemula agar Tetap Sehat dan Terawat

Kucing adalah salah satu  pilihan hewan yang dapat dipelihara didalam rumah. Buat kalian yang menyukai kucing dan ingin mencoba untuk merawatnya di rumah, terdapat sejumlah cara yang bisa kalian lakukan dalam memelihara kucing didalam rumah.

Meski banyak hewan lain yang bisa dipelihara dirumah, kucing tetap menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan yang cocok sekali kita pelihara di dalam rumah, selain itu juga kucing bisa kita jadikan teman ngobrol  ya walaupun hanya orang tertentu saja yang bisa memahaminya hehe.

Memelihara kucing dirumah maka kita harus bertanggung jawab juga atas perawatannya, sebab jika kucing kita tidak dirawat seperti tidak pernah dimandikan, jarang diberi makan, dll yang sifatnya menyiksa maka kalian tidak layak disebut sebagai ailurophile (orang-orang pencinta kucing).

Jadi buat kalian yang berminat memelihara kucing dirumah, coba simak terlebih dahulu cara merawat kucing pada artikel berikut ini.

Tips Cara Merawat Kucing Rumahan

Mempunyai peliharaan dirumah menjadikan sebuah pengalaman baru yang mengkhawatirkan khususnya kita yang baru saja akan memulainya. Merawat kucing meski terkesan mudah ternyata tetap membutuhkan ketelatenan dan komitmen.

Berikut akan diulas mengenai dasar-dasar memelihara kucin yang harus kita perhatikan:

1. Pemilihan Jenis Makanan

Cara paling dasar dalam merawat kucing yaitu menentukan makanan apa yang layak diberikan kepada kucing peliharaan kita. Tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya sebuah nutrisi yang harus kucing dapatkan, sebab memberi makan kucing yang berkualitas maka sebuah investasi besar bagi kesehatan kucing. Jadi pastikan pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing ya sob.

2. Grooming

Cara merawat kucing selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu kebutuhan akan grooming. Perlu kalian ketahui kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan serta mampu untuk membersihkan dirinya secara mandiri, sehingga tidak perlu kita mandikan.

Namun tetap saja, pada hewan berbulu panjang dan jika dipelihara dirumah tetap memerlukan perhatian yang khusus. Seperti memandikan, menyikat bulu, membersihkan bagian telinga, mata. Jika kita tidak mampu mengerjakannya sendiri maka kita bisa memanfaatkan jasa grooming hewan yang ada di luar.

3. Memperhatikan Kebersihan Kucing

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan jadi pastikan kita selalu menjaga kebersihan kucing peliharaan kita, mulai dari tempat tidur, kotak pasir, melakukan vaksinasi hewan, sterilisasi, dan masih banyak lagi.

 

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai cara merawat kucing yang umumnya harus dilakukan seperti memperhatikan makan, growing, dan menjaga kesehatan kucing juga perlu dilakukan. Semoga artikel yang bersumber dari website Beritaseputarkuningan.com ini bermanfaat.

Terima kasih