Resep Abon Ikan Tuna

Inilah Resep Abon Ikan Tuna

Jika biasanya abon terbuat dari daging sapi atau daging ayam namun kali ini agak sedikit berbeda. Resep yang satu ini merupakan resep abon ikan tuna, sudah pasti ini menggunakan daging ikan tuna. Tertarik untuk mencoba resepnya ? Baca artikel di bawah ini yaa

Seperti biasa, sebelum saya menjelaskan tentang resep dan cara pembuatannya saya akan berbagi sedikit informasi mengenai ikan tuna terlebih dahulu.

Ikan Tuna 

Ikan tuna cukup terkenal dikalangan masyarakat karena kandungan gizinya yang tinggi dan juga bagus untuk kesehatan. Ingin tau apa saja manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Berikut ini adalah rangkumanya 

Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan 

Resep Abon Ikan Tuna

1. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan berlemak  dan mengandung omega -3. Dimana asam lemak tersebut bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika kandungan kolesterol dalam tubuh sedikit, peredaran darah akan menjadi lebih lancar sehingga dapat meminimalisir penyumbatan darah yang dapat menyebabkan potensi penyakit jantung. 

2. Baik Untuk Kesehatan Mata 

Ikan tuna mengandung asam lemak omega -3 yang diyakini bagus untuk kesehatan mata dan juga retina. 

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker 

Kandungan vitamin dan mineral dalam ikan tuna bermanfaat sebagai anti inflamasi atau peradangan. Kanker sering dikaitkan dengan peradangan yang kronis. Maka dari itu untuk mencegah hal-hal tersebut sobat perlu juga untuk mengkonsumsi ikan tuna. 

4. Kesehatan Tulang 

Seperti matahari, ikan tuna juga mengandung vitamin D. Dimana vitamin tersebut adalah vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan juga mampu menjaga sistem imun dalam tubuh kita. 

Daging ikan tuna berwarna merah cerah dan jika dilihat sekilas hampir mirip dengan daging sapi. Ikan tuna juga tidak kalah saing dengan ikan salmon loh, keduanya hampir sejajar. Rasanya yang gurih dan enak sehingga banyak yang menyukainya dan mengolahnya menjadi makanan. 

Nah makanan olahan ikan tuna yang akan saya akan bahas adalah abon. Kali ini saya akan berbagi resep abon ikan tuna, yang bisa anda tirukan di rumah. 

Resep Abon Ikan Tuna 

Bahan-Bahan

  • 2 kg ikan tuna yang sudah di fillet
  • 25 siung bawang merah 
  • 20 siung bawang putih 
  • 5 butir kemiri 
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk 
  • 1 sendok teh lada bubuk 
  • 2 ruas lengkuas 
  • 2 ruas jahe 
  • 2 ruas kunyit 
  • 5 batang sereh 
  • 10 lembar daun jeruk 
  • 7 lembar daun salam 
  • 3 gelas santan ukuran sedang 
  • Gula secukupnya 
  • Garam secukupnya 

Cara Membuat Abon Ikan Tuna

  1. Langkah pertama yang sobat lakukan adalah cuci bersih ikan tuna fillet kemudian kukus selama 30 menit. 
  2. Kemudian suwir-suwir ikan tuna yang sudah dikukus 
  3. Selanjutnya adalah membuat bumbu yaitu dengan cara menghaluskan 25 siung bawang merah, 20 siung bawang putih, 5 butir kemiri, 1 sendok makan ketumbar bubuk, 1 sendok teh lada bubuk, 2 ruas lengkuas, 2 ruas jahe, 2 ruas kunyit, dan 5 batang sereh. Sobat bisa menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu tersebut agar lebih cepat. 
  4. Setelah itu siapkan minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tambahkan daging ikan tuna suwir, kemudian aduk supaya bumbu dan daging ikan tuna tercampur rata. 
  5. Masukkan 3 gelas santan, 3 sendok teh garam, dan juga 3 sendok makan gula. Sobat juga bisa menggunakan gula merah agar rasanya lebih enak. Aduk-aduk kembali kemudian masukkan daun salam dan juga daun jeruknya, Jangan lupa untuk diaduk agar tercampur rata. Masak hingga airnya menyusut dan mengering
  6. Jika sudah agak mengering terus aduk -aduk agar tidak mudah gosong. 
  7. Abon ikan tuna siap disajikan. 

Jika sobat tidak mau ribet dalam membuat abon. Tenang sekarang mesin sudah semakin canggih sobat bisa menggunakan mesin pembuat abon dan juga mesin pemasak abon untuk membuat abon. 

Dengan menggunakan mesin pekerjaan akan lebih mudah, cepat selesai, dan juga akan lebih menghemat tenaga. Jika sobat bingung harus membeli mesin tersebut dimana, silahkan kunjungi rumah mesin. 

Rumah mesin menyediakan berbagai macam mesin pembuat abon. Tidak hanya itu saja, ada puluhan jenis mesin berkualitas lainya yang siap membantu anda. Mesin-mesin tersebut didesain khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Sekian dulu ya tutorial dan resep membuat abon ikan tuna, semoga bermanfaat bagi sobat. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.