Inspirasi Menu untuk Diet Keto Agar Cepat Langsing

Diet keto adalah diet yang menekankan untuk tidak mengkonsumsi menu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Diet ini dinamakan keto dari kata ketones yang berarti proses penghancuran lemak di hati atau liver. Yang penting dari program diet ini adalah konsep untuk menjadikan tubuh dalam kondisi metabolisme normal tidak dengan membuatnya kelaparan atau kekurangan kalori tetapi kekurangan karbohidrat. Jadi tubuh dibuat untuk menghasilkan ketones sehingga dapat berpengaruh positif bagi tubuh seperti berkurangnya berat badan, keuntungan secara fisik dan mental. Inti program diet ini adalah menambahkan lemak atau kalori misalnya dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dalam campuran salad.

Ada menu-menu yang disarankan dan dilarang untuk dikonsumsi guna mengikuti diet dengan pengurangan karbohidrat bagi tubuh ini. Menu-menu makanan dan minuman yang disarankan adalah keju, margarin, minyak zaitun, ikan dan beraneka ragam makanan laut, telur, daging, sayuran yang tumbuhnya tidak pendek, air, kopi, teh, dan anggur merah. Jenis makanan dan minuman yang harus dijauhi adalah kentang, pasta, coklat batangan, roti tawar, donat, permen, nasi, soda, jus, dan bir. Jadi agar mudah mengingat, makanan yang harus dihindari untuk menjalankan program diet ini adalah makanan dari tepung-tepungan dan banyak mengandung gula. Jenis makanannya untuk diet ini harus mempunyai kandungan lemak yang tinggi dan sedikit protein.

Diet ini sangat susah dilakukan di negara-negara yang makanan pokoknya adalah nasi. Program menu diet seminggu tanpa nasi mungkin agak susah dilakukan. Diet ini dapat mudah dilakukan dengan mengatur menu harian setiap makan pagi, siang dan malam dengan tanpa mengkonsumsi nasi melalui menu pelengkap. Nasi dapat digantikan dengan menu-menu pelengkap di makan pagi dengan teh yang dicampur dengan kayu manis. Untuk menu pelengkap makan siang adalah sayuran hijau sebagai salad dan juga daging. Untuk menu pelengkap makan malam juga sayuran dan daging, hanya saja sayurnya adalah brokoli dan bayam. Jika menu ini dirasa susah untuk dijalankan, maka cara termudah adalah dengan membuat rencana diet atau pola makan sendiri asalkan tidak mengkonsumsi nasi.