jenis jenis kopi di dunia

Jenis-jenis Kopi di Dunia yang Sangat Populer

Kopi adalah minuman populer yang banyak disukai oleh orang. Meminum kopi telah menjadi sarana interaksi anak muda saat sedang bersama teman. Selain itu, kopi juga sangat pas jika dikonsumsi saat bekerja atau mengerjakan tugas.

 

Jenis-jenis Kopi di Dunia

Pastinya ada banyak jenis kopi di dunia. Hal ini karena di tiap negara potensi tanaman yang khas ada di tiap negara dan juga wilayah tertentu. Umumnya, jenis kopi dikelompokkan dengan berdasarkan daerah asal tumbuh, varietas, dan juga karakter rasanya.

Varietas pohon kopi yang paling populer di dunia ini yakni kopi robusta dan juga kopi arabika. Biji kopi tersebut sangat populer karena mempunyai cita rasa yang khas. Untuk menghaluskan biji kopi tersebut umumnya memakai grinder kopi, kemudian lanjut diolah memakai mesin kopi.

jenis jenis kopi di dunia

Berikut ini beberapa jenis-jenis kopi di dunia, antara lain :

1. Kopi Arabika

Varietas kopi yang satu ini telah menjadi salah satu kopi yang paling terkenal di dunia. Hampir di semua negara jenis kopi ini bisa kamu jumpai. Tak heran jika salah satu jenis kopi ini bisa menguasai pasar mencapai 80% dari semua jenis kopi yang dipasarkan.

Dilansir dari para pecinta kopi, kopi arabika ini mampu menghasilkan rasa yang paling nikmat diantara yang lain. Pertama kali kopi arabika ditemukan yaitu di Ethiopia, lalu disebarkan ke penjuru dunia oleh bangsa Arab.

Ciri khas dari arabika ini yaitu keasaman yang dikandung lebih tinggi daripada kafein di dalamnya. Selain itu, seduhannya juga berwarna tak terlalu kental dengan aroma yang sangat wangi serta memikat.

Jenis dari kopi arabika sendiri asalnya dari dua varietas, yaitu Bourbon dan Typica. Di Indonesia juga ada beragam jenis kopi arabika yang telah diakui kenikmatannya oleh banyak negara, seperti kopi Aceh gayo, Toraja, mandailing, bajawa flores, sindikalang, dan banyak lagi yang lainnya.

2. Kopi Robusta

Berbeda dengan kopi yang sudah kita bahas sebelumnya, kopi robusta ini asalnya dari Afrika Barat. Dari total produksi di dunia, produksi dari kopi robusta ini telah menyumbang kisaran 30%. Pada umumnya kopi ini seringkali digambarkan sebagai kopi yang tajam atau pahit dan karakter rasanya yang mirip dengan karet dan kayu.

Pahit yang dihasilkan ini asalnya dari tingginya kandungan kafein, bahkan lebih tinggi dibandingkan kafein yang terkandung pada kopi arabika. Di negara kita sendiri juga mempunyai jenis kopi robusta yang tak kalah populer.

Contohnya yaitu kopi robusta Lampung. Ciri dari kopi ini yaitu mempunyai bau yang tegas, teksturnya utuh, dan juga rasa yang cukup smooth. Selain kopi robusta Lampung, terdapat kopi robusta Flores, Temanggung, serta Toraja yang tidak kalah nikmat.

3. Kopi Catimor

 Jenis kopi yang satu ini adalah hasil persilangan dari kopi robusta dan kopi arabika. Hal yang unik dari kopi ini yaitu bentuknya yang menyerupai kopi arabika, namun rasanya menyerupai kopi robusta.

Mungkin ada sebagian orang yang masih asing bahkan belum mengetahui jenis kopi yang satu ini. Walaupun begitu, penikmat kopi catimor ini terus meningkat dan semakin banyak. Tingkat keasaman yang terkandung dalam kopi catimor ini tergolong rendah, namun kadar kafeinnya tinggi.

Sehingga kopi ini menghasilkan after taste yang unik dan juga berkarakter kuat. Cita rasa yang sangat memikat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pecinta kopi dunia.

4. Kopi Liberika

Jenis kopi liberika ini mempunyai karakter yang unik dan tak dimiliki oleh jenis kopi lain di dunia, yaitu aroma yang sangat khas. Jika pada umumnya banyak kopi yang mempunyai rasa rempah atau buah, kopi liberika justru cenderung rasa buah nangka dan juga sayuran.

Aromanya yang khas membuat kopi ini mudah sekali dibedakan dengan jenis kopi yang lainya. Sangat menyengat dengan cita rasa pahit yang sangat kental.