Jenis Kayu untuk Furniture yang Terbaik

Kayu adalah bahan baku utama dalam proses pembuatan furniture, dimana jenis kayu harus dipilih sesuai dengan kebutuhan agar menghasilkan produk yang berkualitas dimana bisa tahan lama dalam segi pemakaian dan juga lebih awet dan tidak mudah rusak.

Karena apabila salah dalam memilih bahan baku bisa membuat perabot mebel lebih cepat rusak, baik dimakan hama seperti rayap maupun eter eter karena memang kayu memiliki potensi rusak lebih cepat daripada besi, namun bila pemilihan bahan baku kayu yang pas bisa menghasilkan produk yang awet dan berkualitas

Disini kami akan memberikan informasi mengenai sedikit gambaran tentang jenis kayu apa saja yang paling baik digunakan dalam proses pembuatan furniture kayu. Nah langsung saja kami akan berikan anda beberapa jenis kayu yang wajib anda ketahui.

1. Kayu jati

Untuk jenis kayu yang satu ini merupakan kayu yang menjadi primadona dalam industri furniture kayu, karena merupakan jenis kayu yang paling baik berkualitas dari segi kekuatan dan juga serat serta mudah dalam pengolahan dan pembentukan menjadi sebuah produk yang menarik dan cantik

2. Kayu mahoni


Kayu ini menjadi pilihan kedua setelah jati dalam penggunaan bahan baku untuk produk furniture indoor. Biasanya dipakai dalam pembuatan produk furniture ukir klasik mewah dengan full ukiran dan di finishing duco sehingga memang lebih high class dan juga merupakan desain french furniture classic biasanya.

3. Kayu trembesi

Yang ketiga adalah kayu yang berukuran besar, biasa dipakai untuk membuat berbagai jenis furniture model alami, seperti meja makan alami dengan hanya papan saja tanpa dibentuk, dibuat patung besar dan juga dibuat berbagai meja kursi dengan bentuk yang alami dengan ketebalan antara 8 sampai 10 cm, ini karena jenis kayu trembesi yang mudah pecah bila tipis dan juga mudah berubah bentuk, untuk itulah kayu ini dibuat tebal dan besar agar awet dan unik.

4. Kayu sungkai

Karakter kayu ini memiliki warna putih dengan serat yang halus, di Mebel Jepara sendiri digunakan sebagai bahan baku kursi. Banyak kursi cafe dan resto yang dibuat menggunakan material jenis kayu ini, karena karakter yang mirip kayu jati dari segi warna dan juga beratnya, kelemahannya adalah mudah pecah. Untuk itu paling cocok sebagai material kursi karena tidak perlu sambung.

 

Semoga artikel ini memberikan anda informasi mengenai jenis kayu yang berkualitas yang paling cocok buat furniture rumah anda, bila ingin mendapatkan produk mebel kayu berkualitas bisa mendapatkannya di mebel jepara tentunya.