Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Tahukah anda bahwa investasi tanah kavling itu menguntungkan ? Hal ini bisa dilihat dari permintaan tanah kavling yang semakin membludak. Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan tanah kavling, ketahui kelebihan dan kekurangannya.

Tanah kavling dapat dijadikan investasi jangka panjang yang prospektif. Bahkan tanah ini menjadi pilihan sebagian orang dibanding investasi emas atau saham. Nah, jika anda tertarik investasi tanah kavling, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

 

Kelebihan Investasi Tanah Kavling

Berbicara tentang investasi, tentu yang dilirik adalah keuntungan apa yang akan didapatkan. Nah, tanah kavling sendiri memiliki beberapa kelebihan jika dijadikan sebagai investasi. Berikut kelebihan yang dimiliki tanah kavling.

Harga Tanah Cenderung Meningkat

Tahukah anda bahwa kenaikan nilai harga adalah salah satu keuntungan dari investasi tanah kavling? Yup, harga tanah yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun membuat pemilik tanah akan mendapat keuntungan. Apalagi jika tanahnya berada di lokasi yang strategis.

Terbilang Fleksibel

Diantara kelebihan investasi tanah kavling ialah anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Seperti menyewakan untuk area parkir, membangun kos-kosan atau rumah kontrakan. Karena terbilang fleksibel, tanah kavling dapat dijadikan modal awal membuka bisnis baru.

Minim Perawatan dan Risiko

Jika bangunan rumah membutuhkan perawatan rutin, beda halnya dengan tanah kavling yang minim perawatan. Tanah kavling tidak membutuhkan biaya besar seperti perawatan bangunan.

Selain itu, investasi tanah kavling juga cenderung minim risiko. Untuk itu pastikan anda membeli tanah secara legal dan memiliki surat kelengkapan tanah sehingga risiko kehilangan hak milik tanah sangat kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Setelah menyimak apa saja kelebihan tanah kavling, tentu saja tidak terluput dari kekurangan yang dimilikinya. Diantara beberapa kekurangan investasi tanah yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

Butuh Modal Besar

Mengingat harga tanah kavling yang kian meningkat dari tahun ke tahun, maka saat anda ingin membelinya wajib menyiapkan modal yang cukup besar. Pastikan modal membeli tanah tercukupi sehingga tidak perlu kredit atau berhutang.

Rentang Terjadi Sengketa

Walaupun telah dijelaskan sebelumnya bahwa tanah kavling minim risiko kehilangan, namun bukan berarti tidak akan pernah terjadi sengketa. Untuk itu pastikan anda melengkapi surat tanah untuk mengurangi risiko penyerobotan tanah.

 

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah kavling yang mungkin dapat dijadikan sebagai acuan bagi anda. Semoga bermanfaat ya!

Sumber Website : rumahsubsidicikarang.com