Kenali Media Tanam Cocopeat untuk Hasil Penanaman yang Baik

Media tanam cocopeat memang baik digunakan untuk proses penanaman. Terlebih lagi untuk tanaman hidroponik. Karena memang bahan pembuat cocopeat juga bersifat alami atau organik jadi penggunaanya juga akan lebih bagus jika diaplikasikan pada tanaman yang memang bersifat organik. Walaupun tanpa bahan kimia namun cocopeat juga tergolong bagus untuk digunakan.

Penggunaan media tanam cocopeat juga dapat memberikan keuntungan, karena cocopeat juga bisa digunakan sebagai pengganti tanah. Jadi kamu tidak perlu menggunakan tanah untuk menanam sesuatu. Kandungan dan fungsi yang ada pada cocopeat juga kurang lebih bisa untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Bagi kamu yang masih belum tau dan belum mengenal lebih lanjut mengenai media tanam cocopeat, kamu bisa terus menyimak artikel dibawah ini sampai habis ya! Karena disini saya akan rangkumkan informasi mengenai media tanam cocopeat. Silahkan disimak!

 

Media Tanam Cocopeat

Seperti apa yang tadi sudah dijelaskan diatas, cocopeat memang merupakan media tanam yang kegunaanya sama dengan tanah. Karena umumnya cocopeat memiliki daya serap air yang tinggi selain itu cocopeat juga bisa menyimpan air dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga pada penggunaannya akan jauh lebih baik dari pada tanah.

Untuk bahan pembuat cocopeat sebenarnya sudah sering kita temui di alam, karena umumnya bahan yang digunakan untuk membuat cocopeat umumnya berupa sekam atau tempurung buah kelapa yang kemudian melewati beberapa tahapan supaya tempurung kelapa yang keras bisa berbentuk butiran halus selayaknya serbuk kayu. Pengolahannya biasa dilakukan dengan mesin cocopeat.

 

Kelebihan Cocopeat

Sebagai media tanam yang biasa digunakan selayaknya tanah, tentu cocopeat memiliki kelebihan tersendiri yang membuatnya bisa lebih banyak dipilih oleh para petani tanaman dibandingkan dengan penggunaan tanah. Berikut ini merupakan beberapa kelebihannya.

1. Tekstur yang Mirip dengan Tanah

Karena bahan yang digunakan telah diproses sehingga memiliki bentuk butiran halus seperti serbuk kayu maka untuk hasil akhir dari cocopeat juga memiliki tekstur yang mirip dengan tanah. Dengan begitu maka tanaman akan bisa beradaptasi lebih baik karena media tanam yang digunakan memiliki tekstur yang sama dengan tanah.

Untuk hal lain yang membedakan hanyalah kandungan nutrisi dan unsur hara yang ada pada cocopeat dan tanah. Oleh karena itu lah jika kamu menggunakan media tanam cocopeat kamu juga harus secara rutin menyiram larutan nutrisi.

2. Dapat Menyerap Air dengan Baik

Karena umumnya terbuat dari tempurung atau sabut kelapa yang memang memiliki daya serap air tinggi, maka pada hasil olahannya pun juga begitu. Jadi cocopeat memang memiliki daya serap air yang tinggi serta bisa juga menyimpan air untuk dijadikan cadangan saat tanaman membutuhkan air. Dengan begitu maka tanaman yang kamu tanam tidak akan kekurangan air dengan menggunakan cocopeat.

3. Ramah Lingkungan

Mengingat bahwa bahan yang digunakan adalah bahan organik jadi dengan menggunakan cocopeat tentu saja sudah ramah lingkungan. Selain itu jika kamu sudah selesai menggunakan cocopeat kamu juga masih bisa mendaur ulangnya kembali menjadi media tanam lainnya yang melewati beberapa tahapan dan proses untuk membuatnya.

4. Lebih Tahan Lama

Dibandingkan jika kamu menggunakan tanah, jenis tanaman yang kamu tanam akan bisa lebih tahan lama jika ditanam menggunakan cocopeat. Karena umumnya hama yang merusak tanaman tidak suka hidup didalam cocopeat, jadi nantinya tanaman yang kamu tanam akan lebih terjaga dan terlindungi dari serangan hama.

5. Lebih Mudah Digunakan

Dengan bentuk teksturnya yang mirip dengan tanah, maka media tanam cocopeat bisa lebih mudah dipakai. Terlebih lagi jika kamu merupakan pemula yang masih belajar menanam. Dengan adanya cocopeat kamu akan lebih terbantu. Karena jika kamu memaksakan menggunakan tanah maka kamu akan melewati proses yang lebih rumit dari pada kamu menggunakan media tanam cocopeat

 

Selain tempurung kelapa yang digunakan dalam pembuatan cocopeat, jika kamu akan mengolah menggunakan sabut kelapa juga bisa menggunakan bantuan mesin sabut kelapa terlebih dahulu.

Penggunaan dan pengolahan cocopeat sebagai media tanam umumnya akan lebih mudah dan tergolong lebih efisien jika dibandingkan dengan tanah atau bahkan media tanam jenis lainnya. Karena dengan menggunakan cocopeat secara tidak langsung kamu juga telah membantu mengurangi limbah dari kelapa.

 

Penutup

Media tanam cocopeat memang dikenal lebih baik dan unggul untuk digunakan. Oleh karena hal itu, jika kamu akan mulai menanam kamu harus bisa mengenal lebih jauh mengenai media tanam yang akan kamu gunakan. Salah satunya jika kamu menggunakan media tanam cocopeat ini. Semoga informasi yang tadi sudah disampaikan bisa bermanfaat ya!