Langkah-Langkah Membuat Metode Ilmiah

Metode ilmiah merupakan suatu cara yang sistematis yang dipakai oleh para ilmuan dalam memecahkan atau untuk mencari jawaban dari masalah-masalah yang sedang dihadapi dalam proses penelitian.

Arti dari penelitian itu sendiri yaitu usaha guna menemukan, lalu mengembangkan serta menguji kebenaran pengetahuan menggunakan metode ilmiah.

Proses membuat metode ilmiah yaitu dimulai dari observasi dari suatu fenomena/gejala, identifikasi & formulasi dari masalah didasarkan dari observasi, membuat hipotesis, meneliti guna menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan.

 

Tahapan Membuat Metode Ilmiah

Dalam tahapan membuat metode ilmiah terdapat lima langkah mendasar dalam menulis metode ilmiah. yaitu mulai dari merumuskan masalah, mengumpulkan data, menyusun hipotesis, analisis data, menarik kesimpulan sampai mengkomunikasikan hasil penelitian.

1. Merumuskan Masalah

Masalah umumnya berbentuk pertanyaan yang wajib di jawab dengan menjalankan sebuah penelitian secara ilmiah.

2. Mengumpulkan Data

Setelah merumuskan masalah, tahapan berikutnya yang ada dalam metode ilmiah yaitu mengumpulkan informasi/data. Ini dapat dilakukan dengan cara observasi ataupun studi literatur seperti pada penelitian-penelitian terdahulu, ataupun jurnal ilmiah.

3. Menyusun Hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara dari masalah yang bersifat praduga, sebab masih perlu adanya pembuktian atau kebenaran melalui sebuah penelitian. Hal ini dilakukan untuk memperoleh data.

4. Uji Coba

Untuk menguji kebenaran hipotesis yang sudah dibuat maka perlu melakukan percobaan/penelitian. Penelitian ini perlu dilakukan secara teliti sehingga data yang didapatkan lebih akurat.

5. Menganalisis Data

Pada tahapan ini, data yang sudah terkumpul melalui hasil penelitian, kemudian dicatat serta diolah pada bentuk grafik/diagram, sehingga bisa mudah untuk dipahami.

6. Membuat Sebuah Kesimpulan

Kesimpulan yaitu jawaban yang sebenarnya dari hipotesis yang sudah diajukan, membuat kesimpulan harus dilakukan dengan cermat berdasarkan dari hasil penelitian.

7. Mengkomunikasikan Hasil dari Penelitian

Langkah yang terakhir dalam membuat metode ilmiah yaitu, mengkomunikasikan atau mempublikasikan hasil penelitian yang sudah kita buat kepada orang lain, yang berbentuk laporan tertulis/melalui forum diskusi.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah membuat metode ilmiah yang wajib kalian coba pada saat membuat karya tulis ilmiah seperti jurnal, ataupun tugas akhir.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga: Tempat Publish Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA Cepat & Gratis