Manfaat Publikasi Jurnal Untuk Mahasiswa Dan Dosen

Jurnal ilmiah adalah kumpulan publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan setiap periode umumnya dua kali dalam satu tahun yang memuat data dan juga informasi ajuan ilmu pengetahuan yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Sehingga artikel yang berhasil masuk publikasi kedalam jurnal ilmiah ini bisa dijadikan bahan referensi oleh masyarakat tertentu. Oleh karena itu jurnal ilmiah yang masuk harus menampilkan artikel-artikel yang disesuaikan dengan kepentingan dan minat masyarakat, untuk dijadikan bahan referensi dan juga rujukan penulisan ilmiah selanjutnya.

Di dalam prinsipnya proses  dalam publikasi jurnal ilmiah ini hampir sama dengan proses publikasi artikel di dalam majalah ataupun surat kabar, yang membedakan hanya saja dalam nilai yang dimunculkannya. Dalam proses publikasi ilmiah yang dimunculkan cenderung lebih ke nilai ilmiah serta kontribusi dalam bidang akademik serta kebijakan publik.

Maka dari itu Publikasi jurnal ke dalam jurnal ilmiah ini sangat penting dilakukan oleh seorang peneliti seperti dosen dan mahasiswa, untuk bahan rujukan para peneliti berikutnya. Adapun manfaat yang akan didapat jika jurnal ilmiah berhasil terpublikasi ke dalam publikasi jurnal ilmiah sebagai berikut.

3 Manfaat Publikasi Jurnal Ilmiah

Seorang mahasiswa ataupun dosen pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan publikasi jurnal baik itu jurnal nasional ataupun jurnal internasional, sebab ketika manuskrip kita berhasil terpublikasikan maka manfaat yang didapat tidak hanya untuk diri kita sendiri, namun juga bermanfaat bagi orang banyak salah satunya yaitu untuk bahan referensi penelitian selanjutnya, untuk lebih lengkapnya berikut 5 manfaat publikasi jurnal ilmiah.

1. Portofolio

Melakukan publikasi jurnal sangat erat kaitannya dengan portofolio. Portofolio ini sangat dibutuhkan untuk keperluan melamar pekerjaan pada lembaga-lembaga, untuk mendaftar S2, sebagai lampiran dalam CV, dan masih banyak lagi ketika kalian bisa publikasi jurnal.

2. Persyaratan Wajib Untuk Menjadi Akademisi/Dosen

Menerbitkan jurnal ke dalam jurnal yang sudah terakreditasi sangat wajib dilakukan jika ingin berkarir dalam bidang akademik, baik itu menjadi dosen ataupun jenjang akademisi yang lainnya.

Sudah banyak perguruan tinggi yang mewajibkan para calon dosen mempublikasikan artikel ilmiahnya kedalam jurnal nasional ataupun internasional.

3. Jalan Menjadi Seorang Profesor

Memperoleh gelar profesor adalah pencapaian paling tinggi buat siapa saja yang bergelut dalam dunia akademik. Memiliki gelar profesor adalah simbol bahwa sudah berkontribusi dan menguasai dalam bidang keilmuan yang dipelajari.

Untuk mendapatkan gelar profesor tidaklah mudah, salah satu syarat untuk menjadi seorang profesor yaitu dapat publikasi artikel ilmiah kedalam jurnal internasional yang bereputasi, seperti yang sudah terindeks scopus ataupun Thomson.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai 3 manfaat publikasi jurnal ilmiah, yang bisa dirasakan langsung jika kita bisa mempublikasikan jurnal artikel ilmiah kedalam jurnal nasional ataupun internasional. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Publikasi Jurnal Nasional Cepat dan Mudah Untuk Semua Bidang Ilmu