cat tembok

Mengenal Jenis-jenis Cat Tembok Berdasarkan Karakteristiknya

Guna mendapatkan tampilan rumah yang lebih cantik dan juga tampak seperti baru, maka penting sekali bagi Anda untuk memolesnya menggunakan cat tembok secara rutin, ketika warnanya sudah mulai pudar maka harus segera dipoles lagi, ini merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga kecantikan hunian tersebut, sehingga Anda sendiri nantinya juga akan semakin betah untuk tinggal di dalam rumah tersebut. Mengganti warna cat dinding nyatanya juga berfungsi untuk mengganti suasana baru dalam rumah.

Hanya saja tak bisa dipungkiri jika seandainya kegiatan renovasi yang satu ini, yaitu pengecatan juga membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit, sehingga Anda juga harus melakukan persiapan dari segi budget. Sebelum mulai mengecat rumah, maka penting juga sebelumnya untuk mengetahui juga jenis-jenis cat tembok ini, karena punya karakteristik yang berbeda-beda.

 cat tembok

1.    Cat glossy

Jika Anda menginginkan tampilan akhir rumah yang glowing, maka cat jenis glossy ini paling tepat untuk dijadikan sebagai pilihan. Pada dasarnya ia juga dibagi lagi atas 2 jenis lain, diantaranya adalah high gloss dan juga semi gloss. Jenis cat yang satu ini paling cocok digunakan untuk mengecek bagian luar atau eksterior rumah Anda, terkesan menawan apalagi jika seandainya terpapar oleh sinar matahari.

2.    Cat doff

Dikenal juga sebagai cat matte, karena akan memberikan tampilan hasil matte, umumnya jenis yang satu ini paling banyak digunakan oleh masyarakat, ia tidak menampilkan kilau seperti cat glossy, keunggulannya sendiri adalah ampuh digunakan untuk menutupi kecacatan permukaan dinding yang kurang rata, cocok dipakai mengecat interior rumah Anda.

3.    Cat eggshell

Mungkin masih banyak yang asing dengan jenis cat yang satu ini, seperti namanya hasil akhir yang nantinya akan didapatkan pada dinding ketika menggunakan cat tersebut adalah bertekstur, namun jangan khawatir karena meskipun bertekstur, tekstur akhirnya sendiri adalah halus, ini adalah jenis cat dinding yang dapat dilap serta tidak akan memantulkan sinar matahari dalam pemakainya nanti, dengan menggunakan cat tersebut nantinya hasil tembok juga akan lebih artistik.

4.    Cat satin

Kesan mewah akan Anda dapatkan jika seandainya mengaplikasikan cat dinding dengan warna yang satin ini. ketika disentuh permukaan dinding yang sudah dicat menggunakan jenis cat satin maka akan terasa sangat lembut, jenis cat yang satu ini nyatanya juga dapat dengan mudah dibersihkan sehingga tak perlu khawatir. Hanya saja memang untuk harganya sendiri cat tersebut relatif mahal.

 

Jadi cat manakah yang ingin Anda gunakan di rumah? Sesuaikan dengan selera dan pastikan juga memilih warna yang terbaik, karena bagaimanapun warna yang Anda pilih tersebut nantinya akan mempengaruhi suasana atau mood saat berada di dalam rumah.