fungsi cocopeat untuk tanaman

Mengenal Lebih Dekat Manfaat dan Fungsi Cocopeat untuk Tanaman

Semakin hari semakin banyak perkembangan yang terjadi di sektor pertanian. Banyak terobosan dan inovasi baru yang dibuat agar aktivitas pertanian lebih mudah dan praktis. Kita ambil contoh media tanam, dalam pertanian bukan hanya tanah yang yang bisa menjadi media tanam saat ini kita bisa menggunakan cocopeat sebagai media tanam.

Cocopeat adalah media tanam hidroponik yang memiliki sifat organik, mengapa organik? Cocopeat sendiri terbuat dari serbuk sabut kelapa, kita bisa dengan mudah menemukannya di sekitar lingkungan kita, jadi kita bisa dengan mudah menerapkan metode ini di rumah sendiri.

Media tanam hidroponik yang satu ini bisa dengan mudah dibuat menggunakan mesin cocopeat. Kandungan zat gizi makro dan zat gizi mikro pada cocopeat yang dihasilkan oleh serat sabut kelapa yaitu kalium, fosfor, kalsium, magnesium, natrium dan mineral lainnya. Namun, kelapa gambut memiliki satu nutrisi yang sangat kaya, yaitu unsur kalium.

 

Cocopeat Untuk Tanaman

fungsi cocopeat untuk tanaman

A. Fungsi Cocopeat untuk Tanaman

Cocopeat adalah media tanam yang paling umum digunakan saat ini. Cocopeat sendiri berfungsi untuk menetralkan keasaman tanah.

Keunggulan lain yang dimilikinya adalah lebih tahan lama karena kebanyakan hama tidak suka berada di cocopeat, meskipun begitu cocopeat tetap saja sebelum digunakan cocopeat harus disterilkan terlebih dahulu dengan cara mencucinya dan mengeringkannya terlebih dahulu, lalu bisa kembali didaur ulang, dan mudah digunakan untuk pemula.

Cocopeat sendiri mengandung pH sekitar 5,0 hingga 7,0. Tentunya cocopeat akan sangat cocok untuk mendukung pertumbuhan akar pada semua jenis tanaman, dengan menggunakan cocopeat dicampur dengan bahan lain seperti tanah bakar dengan perbandingan 50 berbanding 50.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan ventilasi media tanam. Selain itu, media tumbuh ini memiliki sejumlah manfaat yang seperti dibawah ini.

B. Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

Berikut ini beberapa manfaat cocopeat untuk tanaman, yaitu :

1. Cocok untuk pemula

Cocopeat adalah media tanam yang sangat baik untuk digunakan pemula, karena bentuknya yang menyerupai tanah. Kita bisa menggunakan Cocopeat untuk belajar menanam tanaman secara hidroponik.

2. Mirip dengan tanah

Cocopeat memiliki tekstur yang halus seperti tanah, tetapi cocopeat dengan tanah memiliki perbedaan yang sangat mencolok, yaitu pada kandungan yang ada di dalamnya. Cocopeat bisa menyerap nutrisi dan unsur hara lebih banyak daripada tanah yang membantu tumbuh kembang si tanaman.

3. Tahan terhadap serangan hama

Kita bisa meminimalisir dampak kerusakan yang bisa terjadi dengan beralih menggunakan media tanam cocopeat. Karena, didalam cocopeat beberapa jenis hama yang hidup dan berkembang biak di dalam tanah tidak suka berada di media tanam ini.

4. Ramah Lingkungan

Cocopeat menggunakan bahan dasar sabut kelapa kering, semua bahan tersebut bisa dikatakan organik dan ramah lingkungan. Saat tidak digunakan, Cocopeat juga terdegradasi dengan baik di dalam tanah, sehingga kita tidak perlu khawatir akan mencemari lingkungan.

5. Daya serap air tinggi

Harap dicatat bahwa cocopeat 100 kali lebih banyak menyerap air daripada tanah biasa. Tidak hanya mampu menyerap air dalam jumlah besar, cocopeat juga dapat menyimpan air, sangat membantu proses hidrasi tanaman di musim kemarau.

 

Inilah keunggulan sabut kelapa yang didapat dari buah kelapa lalu diolah menjadi cocopeat, sangat cocok sebagai media tanam pertanian. Walaupun bentuk dan juga teksturnya mirip tanah, kamu harus ingat bahwa Cocopeat tidak mengandung unsur hara apapun sehingga saat digunakan sebagai media tanam, perlu ditambahkan larutan nutrisi dan juga suplemen yang mendukung pertumbuhan tanaman.

Dari penjelasan diatas, diharapkan kita sudah paham manfaat cocopeat sebagai media tanam, kalian juga bisa membuat cocopeat sendiri dengan menggunakan mesin cocopeat. Mesin pembuat cocopeat ini akan membuat kamu lebih mudah dalam membuat cocopeat.