Tips Efektif Menulis Jurnal Internasional

Kegiatan menulis jurnal internasional secara umum ditujukan untuk kebutuhan edukasi. Biasanya sebagai syarat pengajuan disertasi ataupun thesis, yang mewajibkan mahasiswanya untuk membuat suatu karya ilmiah yaitu artikel jurnal internasional.

Jurnal ilmiah yang dibuat dengan baik bisa menjadi sebuah bukti aset intelektual kekayaan yang bisa bermanfaat untuk penulisanya itu sendiri. Jurnal ilmiah yang berkualitas adalah yang dapat memberikan kebaruan untuk para peneliti yang lainnya sehingga dapat mengembangkan sebuah ilmu pengetahuan.

Pengertian dari jurnal itu sendiri adalah sebuah publikasi yang dilakukan secara berkala, umumnya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, seperti 4 bulan hingga 1 tahun sekali.

Penting sekali untuk para akademisi bisa menulis suatu karya yaitu jurnal ilmiah secara baik dan benar agar bisa terbit di jurnal internasional. Mau tau tips efektif menulis jurnal internasional? yuk simak penjelasan berikut ini.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Penulisan Jurnal Internasional

pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai tips penulisan jurnal ilmiah internasional dengan efektif, berikut ini.

1. Mempersiapkan Alat-Alat Pendukung Penelitian

Pada bagian ini kalian bisa mempersiapkan tools atau alat yang bisa memudahkan kalian dalam proses penulisan artike jurnal seperti Mandeley, EndNote, dan Zotero. Alat-alat ini bisa dijadikan sebagai alat pendamping di dalam proses pembuatan atau penulisan jurnal internasional kalian.

Dari alat-alat tersebut juga bisa memudahkan kalian dalam mengecek tingkat plagiarisme serta menjadi alternative kalimat yang sama dengan tulisan yang kalian bahas.

2. Belajar Artikel Penelitian Jurnal Target

Agar pembaca bisa merasakan manfaat dari jurnal internasional yang kamu buat, maka kalian perlu belajar mengenai analisis bahasa artikel yang menjadikan target tulisan kalian. Meski terinspirasi dari beberapa kalimat, kalian juga perlu memikirkan kembali kalimat baru yang sama, namun jangan sampai plagiat.

3. Mempelajari Mengenai Kaidah Penulisan yang Baik dan Benar

Selain tips-tips di atas, mempelajari kaidah penulisan yang baik dan benar tentu sangatlah penting. Sebab artikel jurnal ilmiah ini dibuat dari hasil penelitian secara objektif atau berdasarkan fakta di lapangan sehingga penulisannya juga terstruktur. Maka dari itu kalian perlu memahami aturan penulisan yang sudah ada dengan baik dan benar.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tips efektif menulis jurnal internasional yang bersumber dari artikel yang ada di publikasijurnalnasional.com. artikel yang baik adalah artikel yang ditulis berdasarkan kaidah penulisan yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Semoga bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga: Jasa Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah; SINTA