kain gorden

Tips untuk Bunda Agar Kain Gorden Tidak Mudah Kotor

Gorden merupakan kain yang pemanfaatannya sebagai penutup jendela. Sering dibuka dan ditutup, membuat kain ini mudah kotor terkena noda dari tangan. Selain itu pada pengaplikasian di jendela terbuka, gorden juga bisa terkena debu dari luar rumah. Padahal untuk mencuci gorden cukup merepotkan karena Anda harus melepas kain dari pengaitnya yang cukup memakan waktu dan tenaga. Solusinya adalah menjaga agar gorden tidak mudah kotor sehingga warnanya tetap cantik dan enak dilihat.

Bagi para Bunda yang memiliki banyak kesibukan, berikut ini adalah tips yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga agar gorden di rumah tidak mudah kotor.

kain gorden

1.    Memilih gorden yang tidak terlalu panjang

Panjang gorden sebaiknya hanya sampai menutup jendela saja dan tidak sampai menyapu lantai. Jika gorden sampai menyapu lantai maka akan lebih cepat kotor akibat debu dari lantai rumah. Potong dan jahitlah kain gorden jika dirasa sampai menyapu lantai rumah Anda.

2.    Menggunakan tali tirai

Meminimalisir menyentuh kain gorden secara langsung juga dapat mengurangi banyaknya kotoran yang menempel. Anda bisa memilih gorden yang memiliki tali sebagai pengait yang bisa ditarik untuk membuka atau menutup.

3.    Menutup jendela

Hanya membuka jendela di saat-saat tertentu dan menutup di saat yang lebih lama juga akan membuat gorden Anda lebih bersih dibandingkan jika jendela selalu terbuka. Dengan begitu debu dari luar akan tertahan oleh jendela dan tidak menempel pada gorden.

4.    Jenis kain

Memilih jenis kain gorden yang tepat juga bisa menjadi cara agar gorden tidak mudah kotor. Sebaiknya tidak memilih jenis kain beludru atau kain yang tebal karena akan lebih menyusahkan Anda pada saat pencucian dan pengeringan. 

5.    Menggunakan vacuum

Malam membuka kait gorden dan mencuci dengan air? Anda bisa memanfaatkan vacuum dengan durasi yang lebih sering untuk menjaga gorden tetap bersih.

 

Itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kebersihan gorden jendela. Meski begitu, jangan lupa Bunda tetap harus mencuci kain gorden agar tak ada kotoran, debu apalagi kutu yang menempel di sana.