Yuk Kenali Beberapa Manfaat Ekstrakulikuler Pramuka

Ketika kita sudah memasuki jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menandakan bahwa kita sebagai siswa sudah boleh untuk memilih kegiatan selain belajar, yaitu ekstrakulikuler. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekstrakurikuler adalah suatu hal yang berada di luar program yang tertulis pada kurikulum, misalnya seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa. Oleh sebab itu, ekstrakulikuler bisa dibilang perlu diikuti oleh para siswa selama menempuh pendidikan. 

Ekstrakurikuler antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya tidak selalu sama. Namun, terkadang ada beberapa ekstrakulikuler yang bisa dibilang hampir ada di setiap sekolah, yaitu ekstrakurikuler Pramuka. Siapa yang tidak mengetahui ekstrakulikuler yang satu ini? Bahkan, hampir semua siswa SMP hingga SMA umumnya akan mengetahui ekstrakurikuler Pramuka.

Praja Muda Karana merupakan kepanjangan dari Pramuka yang berarti jiwa mudah yang suka berkarya. Oleh sebab itu, kegiatan Pramuka sudah diajarkan sejak kita masih berusia remaja. Adanya kegiatan Pramuka ini diharapkan para pemuda dapat terus mengasah kemampuan seni yang dimilikinya. 

Untuk ekstrakurikuler Pramuka, ada yang dilakukan di dalam area sekolah dan ada juga keluar sekolah. Bahkan, kegiatan Pramuka ini sudah tingkat nasionalnya, atau yang lebih dikenal dengan nama “Jambore”. 

Manfaat Ekstrakulikuler Pramuka

Supaya kamu  lebih yakin lagi untuk masuk ekstrakulikuler Pramuka, kamu perlu melihat beberapa manfaat dari kegiatan Pramuka. 

1. Melatih Diri untuk Bisa Bekerja Sama

Dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam suatu kelompok, mampu bekerja sama merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Dengan kemampuan itu, kita akan mudah untuk melakukan kerja sama dengan orang lain, sehingga suatu hal yang diinginkan akan mudah terwujud. 

Kamu bisa melihat kegiatan yang mencerminkan kerja sama dalam ekstrakurikuler Pramuka, seperti memasang tenda bersama-sama, membagi setiap tugas yang sudah diberikan. 

2. Meningkatkan Kemampuan Emosional

Kemampuan emosional terkadang membuat seorang siswa menjadi sulit untuk berkembang. Perkembangan emosional pada suatu sekolah ini contohnya sangat beragam, misalnya berani menyampaikan pendapat, menghargai perbedaan serta mengumpulkan pahala, dan sebagainya. Maka dari itu, peningkatan kemampuan emosional harus sangat diperhatikan demi kebaikan anak-anak usia remaja. Bahkan, kamu akan menjadi lebih berinteraksi dengan orang lain. 

3. Meningkatkan Rasa Disiplin 

Di dalam Pramuka, seseorang akan diajarkan bagaimana caranya mengatur waktu efektif dan efisien. Disiplin merupakan salah satu kunci agar seseorang bisa menjadi orang yang sukses karena bisa mengatur waktu dengan bijak. Dengan manfaat ini, seorang siswa akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan yang harus dikerjakan belakangan. 

4. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Sama halnya dengan disiplin, maka rasa tanggung jawab ini sangat diperlukan ketika masih berusia remaja hingga dewasa. Di dalam kegiatan Pramuka biasanya setiap ketua dan anggota regu akan diberikan tugas wajib yang harus diselesaikan, seperti regu A bertugas untuk memasak, regu B bertugas untuk mencari kayu bakar, dan sebagainya. 

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat selanjutnya dari Pramuka adalah rasa percaya diri seseorang akan bertambah. Hal ini dapat terjadi karena kita mendapatkan dukungan dari teman-teman. Oleh sebab itu, ekstrakurikuler Pramuka sangat pas untuk para remaja yang sedang ada di masa-masa kurangnya percaya diri. 

6. Terbiasa Dekat dengan Alam

Salah satu kegiatan Pramuka adalah berkemah di suatu tempat, sehingga ketika kita ikut, maka akan terasa lebih dekat dengan alam. Pada saat berkemah, biasanya di malam harinya akan dinyalakan api unggun. Tahukah kalian bahwa di dalam api unggun, sebenarnya sudah terjadi adanya perubahan kimia? Menarik bukan?

7. Meningkatkan Keterampilan yang Bermanfaat

Di dalam ekstrakurikuler Pramuka terdapat berbagai macam kegiatan yang di mana setiap kegiatan mengharuskan seseorang untuk bisa melakukannya. Dengan banyaknya kegiatan tersebut, maka keterampilan kita juga akan bertambah. Misalnya, apabila belum bisa masak, dengan ikut Pramuka menjadi bisa masak. 

 

Ketika masuk ke ekstrakurikuler Pramuka, maka para peserta didik akan menemukan banyak sekali keseruan, sehingga bisa menghilangkan rasa penat karena banyaknya materi pembelajaran. Terlebih lagi, di dalam Pramuka akan selalu identic dengan kebersamaan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ketika ikut Pramuka, siswa akan mengerti dan memahami bagaimana melakukan kerja sama yang baik demi mewujudkan suatu hal. 

Jadi, bagi kamu yang masih menempuh pendidikan jenjang SMP atau SMA, tidak ada salahnya untuk ikut ekstrakulikuler Pramuka. Dengan kegiatan Pramuka ini, kamu akan merasakan banyak manfaat yang bisa digunakan di kemudian hari. 

Sumber: bintangtrainer.com