Yuk Ketahui Tentang Konsep dan Cara Kerja Routing Static

Jaringan internet dan juga jaringan WiFi merupakan dua hal yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi di dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal tersebut karena ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet dan jaringan WiFi.

Pada saat ini hampir di semua tempat seperti sekolah, kantor, restoran, dan lain sebagainya pasti sudah dipasang dengan jaringan WiFi. Ya, hal ini karena peranan dari jaringan WiFi sangat penting pada saat ini.

Dalam sebuah jaringan ada sebuah perangkat yang sangat penting yaitu router. Pada dasarnya perangkat keras router ini dalam melaksanakan tugasnya mempunyai sebuah proses yang disebut dengan routing.

Nah, di dalam proses routing ini nantinya kamu bisa dengan mudah terhubung dengan jaringan internet dan melakukan berbagai hal dengan jaringan internet.

Proses routing ini dibedakan menjadi 2 yaitu routing static dan juga routing dinamis. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan fokus membahas tentang routing static.

Apa Itu Routing Static?

Pada dasarnya konsep dari routing statis ini merupakan sebagai sebuah protokol yang dipakai untuk bisa memperoleh suatu rute yang berasal dari suatu jaringan ke jaringan yang lainnya yang ada.

Rute yang dimaksud disini biasanya disebut dengan sebutan route dan informasi dalam router ini tentu saja secara dinamis bisa diberikan ke perangkat keras router yang lainnya atau bisa juga diberikan secara statis.

Dalam hal ini seorang administrator atau seorang operator akan memilih suatu protokol routing dinamis dengan didasarkan pada keadaan topologi jaringan yang digunakannya.

Perlu kamu tahu bahwa proses routing ini merupakan sebuah proses dimana suatu router akan melakukan forward atau meneruskan informasi ke jaringan yang menjadi tempat tujuannya.

Apabila kamu ingin tahu lebih lagi tentang router, mulai dari IP address router, spesifikasi router, seri router, dan lain sebagainya, maka kamu bisa mengunjungi situs routerku.com. Hal tersebut karena routerku adalah situs yang membahas tentang router secara lengkap.

Cara Kerja Routing Static

Pada dasarnya fungsi utama dari proses routing static ini adalah memberikan rute terhadap informasi ke dalam sebuah jaringan yang sudah ditetapkan sebagai tujuannya.

Dalam hal ini sebuah router tentu saja mempunyai kemampuan untuk melakukan proses routing. Dengan kata lain sebuah perangkat keras router ini bisa secara cerdas mengetahui kemana rute yang akan dilalui oleh informasi yang akan dikirimkan.

Apabila berbagai macam informasi yang dikirimkan tersebut ditujukan untuk host yang ada pada network lain, maka sebuah perangkat router akan meneruskan informasi tersebut ke network tersebut.

Sebaliknya, apabila informasi tersebut ditujukan untuk host yang berada di satu network yang sama, maka perangkat keras router akan menghalangi berbagai informasi tersebut untuk keluar dari network.